RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP DIPONEGORO
BATU
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : IX/1 (SATU)
MATERI
POKOK : Purpose, Agreement and
Disagreement (tujuan, setuju
dan
tidak
setuju)
ALOKASI
WAKTU : 2x35
Menit (1 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. |
3.2
Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan to, in order to,
so that (dis)agreement) |
3.2.1
Mengidentifikasi
fungsi sosial teks, tentang teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. 3.2.2
Membedakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan. |
2. |
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dansesuaikonteks |
4.2.1
Menuliskan
kalimat terkait teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. 4.2.2
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. |
C. Tujuan
pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
3.2.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks, tentang teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
3.2.2 Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk
teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
4.2.1
Menuliskan kalimat terkait teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
4.2.2
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
Fokus pengembangan karakter :
Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran )
Sikap sosial : Jujur
Disiplin
Percaya diri
D. Materi
pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
Fungsi
Sosial : Menyatakan maksud dan tujuan
dalam membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan.
Struktur Teks :
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
a. I agree. That’s a good idea.
b.I don’t think it’s a good idea.
Unsur
Kebahasaan :
(1)
Kalimat deklaratif dan interogatif
dengan kata sambung to, in order to, so that.
(2)
Ungkapan persetujuan:
I agree. That’s a good idea.
I don’t think it’s
a good idea.
(3)
Nomina singular dan plural dengan
atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
Topik : Tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
Materi Remedial
Melengkapi teks transaksional
tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar.
Materi Pengayaan
Membuat teks transaksional tulis
terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar.
E.
Metode Pembelajaran:
·
Pendekatan : Scientific
Approach
·
Metode : Cooperative
learning TPR (Total Physical Response)
·
Teknik : Tanya jawab,
diskusi, interview
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : WhatsApp, modul, AZ RECORDER
2. Sumber
pembelajaran :
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Inggris, Think Globally Act Locally :
buku guru/ Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,2018. Hal 55-64
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) |
|
1. Peserta
didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
salam (Karakter: Religius). 2. Peserta
didik dan guru greet each other menggunakan
Bahasa Inggris agar tercipta English
environment. 3. Guru
mengecek kehadiran siswa. 4. Guru
memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 5. Peserta
didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 6. Peserta
didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. 8. Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan. |
|
Kegiatan
Inti 50 menit |
|
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
Observation ·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·
Peserta didik
melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·
Guru mengajak
peserta didik untuk mengamati teks transaksional tulis dan lisan
terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang ada dalam video tersebut ·
Guru memberi contoh menuliskan informasi teks tersebut
dengan benar. ·
Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
guru dalam menulis ·
Peserta didik bergiliran
menuliskan informasi teks dengan benar. ·
Guru memperhatikan ejaan
dan tanda baca peserta didik ketika menulis. |
10 menit |
Questioning ·
Peserta didik menanyakan mengenai
materi informasi teks
transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·
Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
pada materi tersebut berdasar
kehidupan sehari-hari. ·
Guru menjelaskan
apa yang ditanyakan peserta didik. ·
Memberikan rasional
unsur kebahasaan kosa
kata dari teks tersebut.
|
15 menit |
Collecting Data ·
Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan ·
Peserta didik berusaha menyebutkan dan
memperhatikan contoh yang lain tentang ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) |
15 menit |
Associating ·
Peserta didik
membandingkan ungkapan, membedakan dan menyusun ungkapan interpersonal yang telah dipelajari dengan yang ada di
sumber lainnya.( literasi ) ·
Guru memandu dan
mengarahkan peserta didik dalam membedakan
dan
menggunakan unsur kebahasaan teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam bahasa Inggris. ·
Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur
kebahasaan dari teks tersebut. ·
Peserta didik
memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. |
|
Communicating ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan
informasi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan berdasar kehidupan sehari-hari ·
Siswa menggunakan
dan merespon secara tertulis teks
tersebut dengan bahasa Inggris . ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris dengan menyusun
teks tersebut. ·
Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris menyusun
teks tersebut. Tugas Proyek : Melengkapi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan |
10 menit |
Generalisasi / menarik kesimpulan Siswa
dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya
dijadikan sebagai konsep dalam memahami teks transaksional tulis
terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan yang
dipelajari |
|
Penutup (10 menit) |
|
1.
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya. 2.
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 3.
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan sederhana. 4.
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya. 5.
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan. 6.
Guru menanyakan
kesan siswa terhadap pembelajaran. |
H.PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap
Observasi ( jurnal )
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya
diri , dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks tulis
·
Kejujuran siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
b. Pengetahuan
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penggunaan teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan sederhana.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
·
Tingkat kesesuaian format
penulisan / penyampaian
Test tulis
c.
Ketrampilan
Memaparkan dan merespon secara tertulis teks transaksional tulis
terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.
2.
Instrumen Penilaian
Fill in the blank
sentences by using agree, disagree or do not.
1. Lina: “My mom makes me
do the housework before I go to school.”
Dayu: “I think you
should. Your mom is right. You are a teenager now.”
Udin: “I ______ with
you, Dayu. Our home is our home. If we live there, we should take care
of it ourselves,”
2.
Edo: “Don’t you think that our library looks dirty
and messy? Let’s do something to make it
more tidy.”
Udin: “I _______ with you. But let’s ask Ibu Tuti, our
librarian, for permission first.”
3.
Siti : “I think we need a lot of money to make a wall magazine.”
Edo: “I ________ think so. We can use used paper. We can also
use used wood for the frame.”
4.
A : “Hi dude! It’s hot today, right?”
B : “No, I ____ think
so.”
5.
Windy: Is
Matos Mall near here?
Mia: Yes, it is.
Jack: No, I ____ it’s about 100 kilometers from here.
Make a circle on the expression of agree and disagreement
below!
We
can learn well if the classroom is clean and tidy. So, we must keep our classroom clean
and tidy. We must not litter.
We must put the garbage in the
garbage bin. We must not write
or draw anything on the desks and on the walls. We must sweep the floor and dust the
teacher’s desk and the shelf everyday.
3.
Pembelajaran
remedial
Pembelajaran remedial dilakukan
dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara diberikan tugas
untuk melengkapi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Bagi
siswa yang telah mencapai KKM diberikan tugas untuk membuat
teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benarmberdasar
kehidupan sehari-hari.
Mengetahui Batu, Agustus 2021 Yuni
Purwaningsih, M.Pd Harlina, S.Pd
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. 19750627 200501 2 024 NIP.
196811111 200801 2 024
RUBRIK PENILAIAN
Lampiran 1 : Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
No |
Hari/Tanggal |
Nama
Peserta Didik |
Catatan
Perilaku |
Butir
Sikap |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. AspekSikap
No. |
Butir
Sikap |
Deskripsi |
Perolehan
Skor |
1. |
Jujur |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak jujur 4: pernah menunjukkan sikap tidak
jujur 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak jujur 2: sering menunjukkan sikap tidak
jujur 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak jujur |
|
2. |
Percaya diri |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak percaya diri 4: pernah menunjukkan sikap tidak
percaya diri 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak percaya diri 2: sering menunjukkan sikap tidak
percaya diri 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak percaya diri |
|
3. |
Disiplin |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak disiplin 4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak disiplin 2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak disiplin |
|
Lampiran 2 : Kisi
– Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian
Kisi-Kisi
Penugasan
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester :
IX/Semester I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Teknik Penilaian |
4.3 |
Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan
fungsi social struktur teks dan unsur kebahasaan teks
transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
|
Find the correct information from purpose, agreement and
disagreement text |
Peserta didik
diminta menemukan information from text
of purpose, agreement, and disagreement yang tepat dan melengkapi teks. |
Penugasan |
Pedoman Penskoran Tugas
No. |
Aspek yang
dinilai |
Skor |
1. |
Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut |
1-5 |
2. |
Menjelaskan secara tepat struktur teks |
1-5 |
3. |
Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan |
1-5 |
4. |
Keruntutan bahasa |
1-5 |
Skor maksimum |
20 |
Lampiran
3 Penilaian
Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester : IX/Semester
I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Penilaian dari Aspek
Keterampilan (Skills) |
|||
Kemampuan Berbicara
(Speaking Skill) |
|||
No |
Aspek yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1 |
Pengucapan (Pronounciation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
2 |
Intonasi (Intonation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
3 |
Kelancaran (Fluency) |
Lancar |
4 |
Cukup lancar |
3 |
||
Kurang lancar |
2 |
||
Tidak lancar |
1 |
Lampiran 4 : Refleksi Siswa
Hari/Tanggal :
Kelas :
Materi :
Pengajar :
1.
Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja,
kurang senang,
tidak senang ) saat
pembelajaran
Alasannya :___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
2.
Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu __________________________________________________
3.
Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________
4. Harapan saya untuk
pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________
Comments
Post a Comment