RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN      : SMP DIPONEGORO
BATU
MATA
PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             : IX/1 (SATU)
MATERI
POKOK                  : Purpose, Agreement and
Disagreement (tujuan, setuju
dan 
                                                  tidak
setuju)
ALOKASI
WAKTU              : 2x35
Menit (1 JP)
A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2  :    Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  :    Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4  :    Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.  Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 1. | 3.2   
  Menerapkan fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
  teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
  maksud, tujuan, persetujuan melakukan
  suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
  konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
  kebahasaan to, in order to,
  so that (dis)agreement) | 3.2.1    
  Mengidentifikasi
  fungsi sosial teks, tentang teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. 3.2.2    
  Membedakan
  struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
  maksud, tujuan, persetujuan melakukan
  suatu tindakan/kegiatan. | 
| 2. | 4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
  sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
  maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
  dansesuaikonteks   | 4.2.1 
  Menuliskan
  kalimat terkait teks interaksi transaksional
  lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. 4.2.2    
  Menyusun teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
  sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
  maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan. | 
C.  Tujuan
pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
3.2.1     Mengidentifikasi fungsi sosial teks, tentang teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
3.2.2     Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk
teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
4.2.1    
Menuliskan kalimat terkait teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
4.2.2    
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
Fokus pengembangan karakter :
Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran )
Sikap sosial     : Jujur
                          Disiplin
                          Percaya diri
D.  Materi
pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
   Fungsi
Sosial   :  Menyatakan maksud dan tujuan
dalam membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan. 
   Struktur Teks :
-   Memulai
-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
a. I agree. That’s a good idea.
b.I don’t think it’s a good idea.
Unsur
Kebahasaan :
(1)  
Kalimat deklaratif dan interogatif
dengan kata sambung to, in order to, so that.
(2)  
Ungkapan persetujuan:
I agree. That’s a good idea.
I don’t think it’s
a good idea.
(3)  
Nomina singular dan plural dengan
atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
(4)  
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
Topik  : Tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
Materi Remedial
Melengkapi teks transaksional
tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar.
Materi Pengayaan  
Membuat teks transaksional tulis
terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar.
E.      
Metode Pembelajaran:
·        
Pendekatan : Scientific
Approach
·        
Metode       : Cooperative
learning TPR (Total Physical Response)
·        
Teknik        : Tanya jawab,
diskusi, interview
F.      
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran: 
1.      Media                          :  WhatsApp, modul, AZ RECORDER
2.      Sumber
pembelajaran : 
-     
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Inggris, Think Globally Act Locally :
buku guru/ Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,2018. Hal 55-64
G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) | |
| 1.      Peserta
  didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
  salam (Karakter: Religius). 2.      Peserta
  didik dan guru greet each other menggunakan
  Bahasa Inggris agar tercipta English
  environment. 3.      Guru
  mengecek kehadiran siswa. 4.      Guru
  memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 5.      Peserta
  didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 6.      Peserta
  didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
  ) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 7.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses   pembelajaran. 8.      Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
  digunakan. | |
| Kegiatan
  Inti 50 menit | |
| Kegiatan Pembelajaran | Waktu | 
| Observation ·       
  Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
  terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·       
  Peserta didik
  melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·       
  Guru mengajak
  peserta didik untuk mengamati   teks transaksional tulis dan lisan
  terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang ada dalam video tersebut ·       
  Guru memberi contoh menuliskan informasi teks tersebut
  dengan benar. ·       
  Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
  guru dalam menulis ·       
  Peserta didik bergiliran
  menuliskan informasi teks dengan benar. ·       
  Guru memperhatikan ejaan
  dan tanda baca peserta didik ketika menulis. | 10 menit | 
| Questioning ·       
  Peserta didik menanyakan mengenai
  materi informasi teks
  transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·          
  Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
  pada materi tersebut berdasar
  kehidupan sehari-hari. ·          
  Guru menjelaskan
  apa yang ditanyakan peserta didik. ·          
  Memberikan rasional
  unsur kebahasaan kosa
  kata dari teks tersebut.
   | 15 menit | 
| Collecting Data ·        
  Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan  ·        
  Peserta didik berusaha menyebutkan dan
  memperhatikan contoh yang lain tentang ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) | 15 menit | 
| Associating ·        
  Peserta didik
  membandingkan ungkapan, membedakan dan menyusun ungkapan interpersonal yang telah dipelajari dengan yang ada di
  sumber lainnya.( literasi ) ·        
  Guru memandu dan
  mengarahkan peserta didik dalam membedakan
   dan
  menggunakan unsur kebahasaan  teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam bahasa Inggris. ·        
  Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur
  kebahasaan dari teks tersebut. ·        
  Peserta didik
  memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. | |
| Communicating  ·        
  Guru meminta siswa
  untuk  menuliskan
  informasi  teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan berdasar kehidupan sehari-hari ·        
  Siswa menggunakan
  dan merespon secara tertulis  teks
  tersebut   dengan bahasa Inggris .  ·       
  Guru meminta siswa
  untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
  bahasa Inggris dengan menyusun
  teks tersebut. ·       
  Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
  Inggris menyusun
  teks tersebut. Tugas Proyek : Melengkapi   teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan | 10 menit | 
| Generalisasi / menarik kesimpulan Siswa
  dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya
  dijadikan sebagai konsep dalam memahami   teks transaksional tulis
  terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
  maksud, tujuan, persetujuan melakukan
  suatu tindakan/kegiatan yang
  dipelajari | |
| Penutup (10 menit) | |
| 1.        
  Peserta didik dan
  guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
  manfaat-manfaatnya. 2.       
  Peserta didik dan
  guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 3.       
  Guru memberikan
  penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan   teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan sederhana. 4.        
  Peserta didik
  memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
  berikutnya. 5.       
  Peserta didik dan
  guru mengucapkan salam perpisahan. 6.       
  Guru menanyakan
  kesan siswa terhadap pembelajaran. | |
H.PENILAIAN 
1.    Teknik Penilaian
a.      
Sikap
            Observasi ( jurnal ) 
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·          
Perilaku jujur, disiplin, percaya
diri , dalam melaksanakan komunikasi
·          
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks tulis 
·          
Kejujuran  siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
b.      Pengetahuan
·           
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penggunaan teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan sederhana.
·           
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·          
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
·          
Tingkat kesesuaian format
penulisan / penyampaian
Test tulis
c.      
Ketrampilan
              
Memaparkan dan merespon secara tertulis teks transaksional tulis
terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.
2.   
Instrumen Penilaian
Fill in the blank
sentences by using agree, disagree or do not.
1.   Lina: “My mom makes me
do the housework before I go to school.”
Dayu: “I think you
should. Your mom is right. You are a teenager now.”
Udin: “I ______ with
you, Dayu. Our home is our home. If we live there, we should take care 
            of it ourselves,”
2.  
Edo: “Don’t you think that our library looks dirty
and messy? Let’s do something to make it 
               more tidy.”
Udin: “I _______ with you. But let’s ask Ibu Tuti, our
librarian, for permission first.”
3.  
Siti : “I think we need a lot of money to make a wall magazine.”
Edo: “I ________ think so. We can use used paper. We can also
use used wood for the frame.”
4.  
A : “Hi dude! It’s hot today, right?”
B  : “No, I ____ think
so.”
5.  
Windy: Is
Matos Mall near here?
     Mia: Yes, it is.
     Jack: No, I ____ it’s about 100 kilometers from here.
Make a circle on the expression of agree and disagreement
below!
We
    can learn well if the classroom is clean and tidy. So, we must keep our classroom clean
    and tidy. We must not litter.
    We must put the garbage in the
    garbage bin. We must not write
    or draw anything on the desks and on the walls. We must sweep the floor and dust the
    teacher’s desk and the shelf everyday.
   
  
     
  
     
   
3.  
Pembelajaran
remedial
Pembelajaran remedial dilakukan
dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara diberikan tugas
untuk melengkapi teks transaksional tulis terkait tindakan memberi
dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benar
4.  
Pembelajaran
Pengayaan
Bagi
siswa yang telah mencapai KKM diberikan tugas untuk membuat
teks transaksional tulis terkait tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan benarmberdasar
kehidupan sehari-hari.
Mengetahui                                                                                         Batu,   Agustus 2021 Yuni
    Purwaningsih, M.Pd                                                               Harlina, S.Pd
   
  
     
  
     
   
    Kepala Sekolah                                                                                   Guru
    Mata Pelajaran
    NIP. 19750627 200501 2 024                                                             NIP.
    196811111 200801 2 024
 
RUBRIK PENILAIAN
 
Lampiran 1  :  Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
| No | Hari/Tanggal | Nama
  Peserta Didik | Catatan
  Perilaku | Butir
  Sikap | Tindak lanjut | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
a.       AspekSikap
| No. | Butir
  Sikap | Deskripsi | Perolehan
  Skor | 
| 1. | Jujur  | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak jujur 4: pernah menunjukkan sikap tidak
  jujur 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak jujur 2: sering menunjukkan sikap tidak
  jujur 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak jujur |  | 
| 2. | Percaya diri  | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak percaya diri 4: pernah menunjukkan sikap tidak
  percaya diri 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak percaya diri 2: sering menunjukkan sikap tidak
  percaya diri 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak percaya diri |  | 
| 3.  | Disiplin | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak disiplin 4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak disiplin 2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak disiplin |  | 
Lampiran 2  :  Kisi
– Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian
Kisi-Kisi
Penugasan
Nama Sekolah          :  SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester         :
IX/Semester I
Tahun Pelajaran       : 2020-2021
Mata Pelajaran         :
Bahasa Inggris            
| No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Teknik Penilaian | 
| 4.3 | Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan
  fungsi social struktur teks dan unsur kebahasaan teks
  transaksional tulis terkait tindakan memberi
  dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
   | Find the correct information from purpose, agreement and
  disagreement text | Peserta didik
  diminta menemukan information from text
  of purpose, agreement, and disagreement yang tepat dan melengkapi teks. | Penugasan | 
Pedoman Penskoran Tugas
| No. | Aspek yang
  dinilai | Skor | 
| 1. | Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut | 1-5 | 
| 2. | Menjelaskan secara tepat struktur teks  | 1-5 | 
| 3. | Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan | 1-5 | 
| 4. | Keruntutan bahasa | 1-5 | 
| Skor maksimum | 20 | |
Lampiran
3 Penilaian
Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)
Nama Sekolah          :  SMP
DIPONEGORO  BATU
Kelas/Semester         : IX/Semester
I
Tahun Pelajaran       : 2020-2021
Mata Pelajaran         :
Bahasa Inggris
| Penilaian dari Aspek
  Keterampilan (Skills) | |||
| Kemampuan Berbicara
  (Speaking Skill) | |||
| No | Aspek yang Dinilai | Kriteria | Score | 
| 1 | Pengucapan (Pronounciation) | Hampir sempurna | 4 | 
| Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 3 | ||
| Banyak kesalahan dan mengganggu makna | 2 | ||
| Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna | 1 | ||
| 2 | Intonasi (Intonation) | Hampir sempurna | 4 | 
| Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 3 | ||
| Banyak kesalahan dan mengganggu makna | 2 | ||
| Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna | 1 | ||
| 3 | Kelancaran (Fluency) | Lancar | 4 | 
| Cukup lancar | 3 | ||
| Kurang lancar | 2 | ||
| Tidak lancar | 1 | ||
Lampiran 4                :  Refleksi Siswa
Hari/Tanggal               :
Kelas                           :           
Materi                          :
Pengajar                      :
1.     
Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja,
kurang senang,
tidak senang ) saat
pembelajaran
Alasannya  :___________________________________________________
                                                                        ___________________________________________________
                                                                                                                                                ___________________________________________________
2.     
Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu __________________________________________________
3.     
Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________
4.      Harapan saya untuk
pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________
Comments
Post a Comment