RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 KD 3.1 4.1 SEMESTER GANJIL Menyatakan ungkapan harapan/doa dan ucapan selamat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP DIPONEGORO
BATU
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : IX/1 (SATU)
MATERI
POKOK : Teks Interpersonal (Menyatakan ungkapan harapan/doa dan
ucapan
selamat)
ALOKASI
WAKTU : 2x35
Menit (1 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
menyatakan harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, serta
menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya |
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi social teks,
tentang teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada
orang lain) dan responnya. 3.1.2
Membedakan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang digunakan untuk teks Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya. 3.1.3
Menyusun teks Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya. |
2. |
4.1 Menyusun
teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sangat pendek
dan sederhana yang melibatkan
tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapan selamat atas
suatu kebahagiaan dan prestasi,
dan menanggapinya, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
4.1.1 Menggunakan dan
merespon secara tertulis teks Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) yang dekat dengan kehidupan
siswa dengan baik dan benar. 4.1.2
Menuliskan teks
Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya yang dekat berdasar
situasi. |
C. Tujuan
pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi social
teks, tentang tentang teks Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
3.1.2
Membedakan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang digunakan untuk tentang teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
3.1.3
Menyusun teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya
berdasar kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menggunakan dan merespon
secara tertulis teks Interpersonal (ungkapan selamat
dan
harapan pada orang lain) yang
dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.
Fokus pengembangan karakter :
Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran )
Sikap sosial : Jujur
Disiplin
Percaya diri
D. Materi
pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
Fungsi Sosial : Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur
Teks :
-
I got the first prize of Speech Contest.
Congratulations. I’m happy for you. You did it well. Thanks., dan semacamnya..
-
I hope everything is fine. I hope so., dan semacamnya
Unsur kebahasaan :
(1)
Kosa kata: hope, so, Congratulations! happy for you.
(2)
Tata bahasa: will, can
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik : Mengungkapkan ungkapan harapan/doa dan
ucapan selamat yang relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, dan percaya diri.
Materi Remedial
Menyusun teks
Interpersonal ungkapan selamat pada
orang lain tema bebas dengan benar
Materi Pengayaan
Membuat dialogue sederhana yang terkait dengan ungkapan selamat dan harapan/doa pada
orang
lain dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
E.
Metode Pembelajaran:
·
Pendekatan : Scientific
Approach
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : WhatsApp, modul, AZ RECORDER
2. Sumber
pembelajaran :
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Inggris, Think Globally Act Locally :
buku guru/ Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,2018. Hal 46-54
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (
10 menit ) |
1. Peserta
didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
salam (Karakter: Religius). 2. Peserta
didik dan guru greet each other menggunakan
Bahasa Inggris agar tercipta English
environment. 3. Guru
mengecek kehadiran siswa. 4. Guru
memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 5. Peserta
didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 6. Peserta
didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. 8. Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan. |
Kegiatan
Inti 50 menit |
|
Kegiatan
Pembelajaran |
Waktu |
Observation ·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·
Peserta didik
melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·
Guru mengajak
peserta didik untuk mengamati ungkapan yang ada dalam video
tersebut ·
Guru memberi contoh menuliskan ungkapan tersebut
dengan benar. ·
Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
guru dalam menulis ·
Peserta didik bergiliran menuliskan ungkapan-ungkapan
dengan benar. Guru memperhatikan ejaan dan tanda baca peserta didik ketika membaca. |
10 menit |
Questioning ·
Peserta didik menanyakan mengenai
materi ungkapan
interpersonal dalam kaitannya dengan
fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·
Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
pada ungkapan interpersonal berdasar kehidupan sehari-hari. Guru menjelaskan apa yang ditanyakan peserta didik. ·
Memberikan rasional
unsur kebahasaan kosa
kata ungkapan interpersonal: hope, so, Congratulations! happy for you. |
15 menit |
Collecting Data ·
Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi ungkapan
interpersonal ·
Peserta didik berusaha menyebutkan dan
memperhatikan contoh yang lain tentang ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) |
15 menit |
Associating ·
Peserta didik
membandingkan ungkapan, membedakan dan menyusun ungkapan interpersonal yang telah dipelajari dengan yang ada di
sumber lainnya.( literasi ) ·
Guru memandu dan
mengarahkan peserta didik dalam membedakan
dan menyusun teks ungkapan interpersonal dalam
bahasa Inggris. ·
Peserta didik berusaha membedakan dan menyusun teks ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran ·
Peserta didik
memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. |
|
Communicating ·
Guru meminta siswa
untuk menyusun teks ungkapan interpersonal dan
responnya berdasar
kehidupan sehari-hari ·
Siswa menggunakan
dan merespon secara tertulis teks Interpersonal dan responnya dengan bahasa Inggris . ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris dengan menyusun
teks ungkapan interpersonal dan responnya ·
Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris menyusun teks ungkapan interpersonal dan
responnya Tugas Proyek : Melengkapi teks
ungkapan interpersonal dan responnya sesuai dengan kehidupan sehari-hari. |
10 menit |
Generalisasi / menarik kesimpulan Siswa
dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya
dijadikan sebagai konsep dalam memahami ungkapan interpersonal
dan responnya yang dipelajari |
|
Penutup (10 menit) |
|
1.
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya. 2.
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 3.
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan teks ungkapan interpersonal
beserta responnya sederhana. 4.
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya. 5.
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan. 6.
Guru menanyakan
kesan siswa terhadap pembelajaran. |
H.PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap
Observasi ( jurnal )
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya
diri , dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks tulis
·
Kejujuran siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
b. Pengetahuan
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penggunaan teks ungkapan
interpersonal
beserta respon
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
·
Tingkat kesesuaian format
penulisan / penyampaian
Test tulis
c.
Ketrampilan
Memaparkan dan merespon secara tertulis teks tentang ungkapan interpersonal yang dekat dengan kehidupan siswa dengan baik
dan benar.
2.
Instrumen Penilaian
Choose the correct answer for the
following conversation.
a.
Find the expression including the
expression of congratulation.
Congratulation! |
I hope you ... |
That’s Ok. |
Good Luck! |
Congratulation on your winning. |
See you. |
Good Morning |
I wish you are better soon. |
I hope you get well soon |
b.
Complete the dialogue with suitable
expression.
1.
Dina : . .
. . Lina,It’s your dream to go the school’s story telling
competition isn”t it?
Lina :
Thank you.
2.
Mother : . . . .
Andy. Now you are fifteen years old. I hope Godbless
will be on you.
Andy : Thank you mom
3.
Beny
: “That’s a very beautiful handycraft”
Anto : Thank you. . . . so too
4.
Dody : Udin, I got a scholarship.
Udin : . . . . dedy. You
deserve it.
Your mom and dad must be proud of you.
Dody : Yes. Thank. It will
help my parents a lot
5.
a. Rico : . . . . .You will be better soon
Lelly : Thank you. The doctor always take of me.
Yesterday I
might be home.
a) Happy Birthday! b) Congratulations! c) I hope d) I wish e) Congratulations! |
b. Edo : Happy
birthday, Lia.
Lia :
Thank you Edo. You are the first who congratulate me.
Edo : Oh
really? Here is a little present for you. I hope you like it.
Lia :
Thank you very much. You are really my best friend.
-
Who is Lia ?
-
Why does Edo give Lia a present?
-
Find the sentence show the
congratulation!
3.Pembelajaran
remedial
Pembelajaran remedial
dilakukan dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara
diberikan tugas untuk menyusun kalimat teks interpersonal ungkapan selamat pada orang lain tema bebas dengan
benar.
4
Pembelajaran
Pengayaan
Bagi siswa yang telah
mencapai KKM diberikan tugas untuk membuat
dialogue sederhana yang terkait dengan ungkapan
selamat dan harapan/doa pada orang lain dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari.
Mengetahui Batu, Agustus 2021 Yuni
Purwaningsih, M.Pd Harlina, S.Pd
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. 19750627 200501 2 024 NIP.
196811111 200801 2 024
RUBRIK PENILAIAN
Lampiran 1 : Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
No |
Hari/Tanggal |
Nama
Peserta Didik |
Catatan
Perilaku |
Butir
Sikap |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. AspekSikap
No. |
Butir
Sikap |
Deskripsi |
Perolehan
Skor |
1. |
Jujur |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak jujur 4: pernah menunjukkan sikap tidak
jujur 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak jujur 2: sering menunjukkan sikap tidak
jujur 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak jujur |
|
2. |
Percaya diri |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak percaya diri 4: pernah menunjukkan sikap tidak
percaya diri 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak percaya diri 2: sering menunjukkan sikap tidak
percaya diri 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak percaya diri |
|
3. |
Disiplin |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak disiplin 4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak disiplin 2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak disiplin |
|
Lampiran 2 : Kisi
– Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian
Kisi-Kisi
Penugasan
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester :
IX/Semester I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Teknik Penilaian |
4.1 |
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek
dan sederhana yang melibatkan
tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapan selamat atas
suatu kebahagiaan dan prestasi,
dan menanggapinya, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
Find the correct expression |
Peserta didik
diminta menemukan expression of congratulation yang tepat dan melengkapi
kalimat rumpang |
Penugasan |
Pedoman Penskoran Tugas
No. |
Aspek yang
dinilai |
Skor |
1. |
Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut |
1-5 |
2. |
Menjelaskan secara tepat struktur teks |
1-5 |
3. |
Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan |
1-5 |
4. |
Keruntutan bahasa |
1-5 |
Skor maksimum |
20 |
Lampiran
3 Penilaian
Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester : IX/Semester
I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Penilaian dari Aspek
Keterampilan (Skills) |
|||
Kemampuan Berbicara
(Speaking Skill) |
|||
No |
Aspek yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1 |
Pengucapan (Pronounciation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
2 |
Intonasi (Intonation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
3 |
Kelancaran (Fluency) |
Lancar |
4 |
Cukup lancar |
3 |
||
Kurang lancar |
2 |
||
Tidak lancar |
1 |
Lampiran 4 : Refleksi Siswa
Hari/Tanggal :
Kelas :
Materi :
Pengajar :
1.
Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja,
kurang senang,
tidak senang ) saat
pembelajaran
Alasannya :___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
2.
Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu
__________________________________________________
3.
Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________
4. Harapan saya untuk
pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________
Comments
Post a Comment