RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 KD 3.1 4.1 SEMESTER GANJIL Menyatakan ungkapan harapan/doa dan ucapan selamat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN      : SMP DIPONEGORO
BATU
MATA
PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             : IX/1 (SATU)
MATERI
POKOK                  : Teks Interpersonal (Menyatakan ungkapan harapan/doa dan 
ucapan
selamat)
ALOKASI
WAKTU              : 2x35
Menit (1 JP)
A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2  :    Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  :    Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI 4  :    Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.  Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 1. | 3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
  interaksi interpersonal lisan dan
  tulis yang melibatkan tindakan
  menyatakan harapan, doa, dan
  ucapan selamat atas suatu
  kebahagiaan dan prestasi, serta
  menanggapinya, sesuai dengan
  konteks penggunaannya | 3.1.1     
  Mengidentifikasi fungsi social teks,
  tentang teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada
  orang lain) dan responnya. 3.1.2     
  Membedakan struktur teks dan unsur
  kebahasaan yang digunakan untuk teks Interpersonal (ungkapan
  selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya. 3.1.3     
  Menyusun teks Interpersonal (ungkapan
  selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya. | 
| 2. | 4.1 Menyusun
  teks interaksi interpersonal
  lisan dan tulis sangat pendek
  dan sederhana yang melibatkan
  tindakan menyatakan harapan,
  doa, dan ucapan selamat atas
  suatu kebahagiaan dan prestasi,
  dan menanggapinya, dengan
  memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan
  yang benar dan sesuai konteks | 4.1.1 Menggunakan dan
  merespon secara tertulis teks Interpersonal (ungkapan
  selamat dan harapan pada orang lain) yang dekat dengan kehidupan
  siswa dengan baik dan benar. 4.1.2       
  Menuliskan teks
  Interpersonal (ungkapan
  selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya yang dekat berdasar
  situasi. | 
C.  Tujuan
pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
3.1.1       
Mengidentifikasi fungsi social
teks, tentang tentang teks Interpersonal (ungkapan
selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
3.1.2       
Membedakan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang digunakan untuk tentang teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
3.1.3       
Menyusun teks Interpersonal (ungkapan selamat dan harapan pada orang lain) dan responnya
berdasar kehidupan sehari-hari
4.1.1  Menggunakan dan merespon
secara tertulis teks Interpersonal (ungkapan selamat
dan 
harapan pada orang lain) yang
dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.
Fokus pengembangan karakter :
Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran )
Sikap sosial     : Jujur
                          Disiplin
                          Percaya diri
D.  Materi
pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
Fungsi Sosial   :  Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur
Teks : 
-      
I got the first prize of Speech Contest.
Congratulations. I’m happy for you. You did it well. Thanks., dan semacamnya..
-      
I hope everything is fine. I hope so., dan semacamnya
Unsur kebahasaan :
(1)     
Kosa kata: hope, so, Congratulations! happy for you.
(2)     
Tata bahasa: will, can
(3)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal  
(4)      Ucapan, tekanan kata, intonasi, 
(5)      Ejaan dan tanda baca
(6)      Tulisan tangan
Topik  : Mengungkapkan ungkapan harapan/doa dan
ucapan selamat yang relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, dan percaya diri.
Materi Remedial
Menyusun teks
Interpersonal ungkapan selamat pada
orang lain tema bebas dengan benar
Materi Pengayaan  
Membuat dialogue sederhana yang terkait dengan ungkapan selamat dan harapan/doa pada 
orang
lain dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari
E.      
Metode Pembelajaran:
·        
Pendekatan : Scientific
Approach
F.      
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran: 
1.      Media                          :  WhatsApp, modul, AZ RECORDER
2.      Sumber
pembelajaran : 
-     
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Inggris, Think Globally Act Locally :
buku guru/ Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,2018. Hal 46-54
G.   
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan
  Pendahuluan (
  10 menit ) | 
| 1.      Peserta
  didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
  salam (Karakter: Religius). 2.      Peserta
  didik dan guru greet each other menggunakan
  Bahasa Inggris agar tercipta English
  environment. 3.      Guru
  mengecek kehadiran siswa. 4.      Guru
  memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 5.      Peserta
  didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 6.      Peserta
  didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
  ) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 7.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses   pembelajaran. 8.      Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
  digunakan. | 
| Kegiatan
  Inti 50 menit | |
|  Kegiatan
  Pembelajaran | Waktu                         | 
| Observation ·       
  Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
  terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·       
  Peserta didik
  melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·       
  Guru mengajak
  peserta didik untuk mengamati ungkapan yang ada dalam video
  tersebut ·       
  Guru memberi contoh menuliskan ungkapan tersebut
  dengan benar. ·       
  Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
  guru dalam menulis ·       
  Peserta didik  bergiliran menuliskan ungkapan-ungkapan
  dengan benar.       Guru memperhatikan  ejaan dan tanda baca  peserta didik ketika membaca. | 10 menit | 
| Questioning ·       
  Peserta didik menanyakan mengenai
  materi ungkapan
  interpersonal dalam kaitannya dengan
  fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·          
  Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
  pada ungkapan interpersonal berdasar kehidupan sehari-hari.        Guru menjelaskan apa yang ditanyakan peserta didik. ·          
  Memberikan rasional
  unsur kebahasaan kosa
  kata ungkapan interpersonal: hope, so, Congratulations! happy for you. | 15 menit | 
| Collecting Data ·        
  Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi ungkapan
  interpersonal ·        
  Peserta didik berusaha menyebutkan dan
  memperhatikan contoh yang lain tentang ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) | 15 menit | 
| Associating ·        
  Peserta didik
  membandingkan ungkapan, membedakan dan menyusun ungkapan interpersonal yang telah dipelajari dengan yang ada di
  sumber lainnya.( literasi ) ·        
  Guru memandu dan
  mengarahkan peserta didik dalam membedakan
  dan menyusun teks ungkapan interpersonal dalam
  bahasa Inggris. ·        
  Peserta didik berusaha membedakan dan menyusun teks ungkapan interpersonal dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran   ·        
  Peserta didik
  memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. | |
| Communicating  ·        
  Guru meminta siswa
  untuk  menyusun teks ungkapan interpersonal dan
  responnya berdasar
  kehidupan sehari-hari ·        
  Siswa menggunakan
  dan merespon secara tertulis teks Interpersonal dan responnya dengan bahasa Inggris .  ·       
  Guru meminta siswa
  untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
  bahasa Inggris dengan menyusun
  teks ungkapan interpersonal dan responnya ·       
  Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
  Inggris  menyusun teks ungkapan interpersonal dan
  responnya Tugas Proyek : Melengkapi teks
  ungkapan interpersonal dan responnya sesuai dengan kehidupan sehari-hari.   | 10 menit | 
| Generalisasi / menarik kesimpulan Siswa
  dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya
  dijadikan sebagai konsep dalam memahami ungkapan interpersonal
  dan responnya yang dipelajari | |
| Penutup (10 menit) | |
| 1.        
  Peserta didik dan
  guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
  manfaat-manfaatnya. 2.       
  Peserta didik dan
  guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 3.       
  Guru memberikan
  penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan teks ungkapan interpersonal
  beserta responnya sederhana. 4.        
  Peserta didik
  memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
  berikutnya. 5.       
  Peserta didik dan
  guru mengucapkan salam perpisahan. 6.       
  Guru menanyakan
  kesan siswa terhadap pembelajaran. | |
H.PENILAIAN 
1.    Teknik Penilaian
a.      
Sikap
            Observasi ( jurnal ) 
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·          
Perilaku jujur, disiplin, percaya
diri , dalam melaksanakan komunikasi
·          
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks tulis 
·          
Kejujuran  siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
b.      Pengetahuan
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penggunaan teks ungkapan
interpersonal 
beserta respon
·           
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·          
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
·          
Tingkat kesesuaian format
penulisan / penyampaian
Test tulis
c.      
Ketrampilan
              
Memaparkan dan merespon secara tertulis teks  tentang ungkapan interpersonal   yang dekat dengan kehidupan siswa dengan baik
dan benar.
2.   
Instrumen Penilaian
Choose the correct answer for the
following conversation.
a.      
Find the expression including the
expression of congratulation.
| Congratulation! | I hope you ... | That’s Ok. | 
| Good Luck! | Congratulation on your winning. | See you. | 
| Good Morning | I wish you are better soon. | I hope you get well soon | 
b.     
Complete the dialogue with suitable
expression.
1.     
Dina   :  . .
. . Lina,It’s your dream to go the school’s story telling 
             competition isn”t it?
Lina   : 
Thank you.
2.     
Mother :  . . . . 
Andy. Now you are fifteen years old. I hope Godbless 
              will  be on you.
Andy    : Thank you mom
3.     
Beny 
: “That’s a very beautiful handycraft”
Anto   : Thank you.  . . . so too
4.     
Dody  : Udin, I got a scholarship.
Udin   : . . . . dedy. You
deserve it.
             Your mom  and dad must be proud of you.
Dody  : Yes. Thank. It will
help my parents a lot
5.     
a. Rico       :  . . . . .You will be better soon
    Lelly      : Thank you. The doctor always take of me.
Yesterday  I 
                     might be home.
| a)      Happy Birthday! b)      Congratulations! c)      I hope d)      I wish e)      Congratulations! | 
b. Edo : Happy
birthday, Lia.
Lia  :
Thank you Edo. You are the first who congratulate me.
Edo : Oh
really? Here is a little present for you. I hope you like it.
Lia  :
Thank you very much. You are really my best friend.
-     
Who is Lia ? 
-     
Why does Edo give Lia a present?
-     
Find the sentence show the
congratulation! 
3.Pembelajaran
remedial
Pembelajaran remedial
dilakukan dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara
diberikan tugas untuk menyusun kalimat teks interpersonal ungkapan selamat pada orang lain tema bebas dengan
benar.
4    
Pembelajaran
Pengayaan
Bagi siswa yang telah
mencapai KKM diberikan tugas untuk membuat
dialogue sederhana yang terkait dengan ungkapan
selamat dan harapan/doa pada orang lain dan responnya berdasar kehidupan sehari-hari.
 Mengetahui                                                                                         Batu,   Agustus 2021 Yuni
    Purwaningsih, M.Pd                                                               Harlina, S.Pd
 
   
   
 
   
   
     
  
     
   
    Kepala Sekolah                                                                                   Guru
    Mata Pelajaran
    NIP. 19750627 200501 2 024                                                             NIP.
    196811111 200801 2 024
 
RUBRIK PENILAIAN
 
Lampiran 1  :  Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
| No | Hari/Tanggal | Nama
  Peserta Didik | Catatan
  Perilaku | Butir
  Sikap | Tindak lanjut | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  | 
a.       AspekSikap
| No. | Butir
  Sikap | Deskripsi | Perolehan
  Skor | 
| 1. | Jujur  | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak jujur 4: pernah menunjukkan sikap tidak
  jujur 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak jujur 2: sering menunjukkan sikap tidak
  jujur 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak jujur |  | 
| 2. | Percaya diri  | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak percaya diri 4: pernah menunjukkan sikap tidak
  percaya diri 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak percaya diri 2: sering menunjukkan sikap tidak
  percaya diri 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak percaya diri |  | 
| 3.  | Disiplin | 5: tidak pernah menunjukkan sikap
  tidak disiplin 4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin 3: beberapa kali menunjukkan sikap
  tidak disiplin 2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin 1: sangat sering menunjukkan sikap
  tidak disiplin |  | 
Lampiran 2  :  Kisi
– Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian
Kisi-Kisi
Penugasan
Nama Sekolah          :  SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester         :
IX/Semester I
Tahun Pelajaran       : 2020-2021
Mata Pelajaran         :
Bahasa Inggris            
| No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Teknik Penilaian | 
| 4.1 | Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
  sangat pendek
  dan sederhana yang melibatkan
  tindakan menyatakan harapan,
  doa, dan ucapan selamat atas
  suatu kebahagiaan dan prestasi,
  dan menanggapinya, dengan
  memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan
  yang benar dan sesuai konteks | Find the correct expression  | Peserta didik
  diminta menemukan expression of congratulation yang tepat dan melengkapi
  kalimat rumpang | Penugasan | 
Pedoman Penskoran Tugas
| No. | Aspek yang
  dinilai | Skor | 
| 1. | Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut | 1-5 | 
| 2. | Menjelaskan secara tepat struktur teks  | 1-5 | 
| 3. | Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan | 1-5 | 
| 4. | Keruntutan bahasa | 1-5 | 
| Skor maksimum | 20 | |

Lampiran
3 Penilaian
Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)
Nama Sekolah          :  SMP
DIPONEGORO  BATU
Kelas/Semester         : IX/Semester
I
Tahun Pelajaran       : 2020-2021
Mata Pelajaran         :
Bahasa Inggris
| Penilaian dari Aspek
  Keterampilan (Skills) | |||
| Kemampuan Berbicara
  (Speaking Skill) | |||
| No | Aspek yang Dinilai | Kriteria | Score | 
| 1 | Pengucapan (Pronounciation) | Hampir sempurna | 4 | 
| Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 3 | ||
| Banyak kesalahan dan mengganggu makna | 2 | ||
| Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna | 1 | ||
| 2 | Intonasi (Intonation) | Hampir sempurna | 4 | 
| Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna | 3 | ||
| Banyak kesalahan dan mengganggu makna | 2 | ||
| Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna | 1 | ||
| 3 | Kelancaran (Fluency) | Lancar | 4 | 
| Cukup lancar | 3 | ||
| Kurang lancar | 2 | ||
| Tidak lancar | 1 | ||

Lampiran 4                :  Refleksi Siswa
Hari/Tanggal               :
Kelas                           :           
Materi                          :
Pengajar                      :
1.     
Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja,
kurang senang,
tidak senang ) saat
pembelajaran
Alasannya  :___________________________________________________
                                                                        ___________________________________________________
                                                                                                                                                ___________________________________________________
2.     
Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu
__________________________________________________
3.     
Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________
4.      Harapan saya untuk
pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________
Comments
Post a Comment