RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 KD 3.5 4.5 SEMESTER GANJIL

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN      : SMP DIPONEGORO BATU

MATA PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS

KELAS/SEMESTER             : IX/1 (SATU)

MATERI POKOK                  : Present Continuous, Past Continuous, Will+Continuous

ALOKASI WAKTU              : 20x40 Menit (2 JP)

A.  Kompetensi Inti (KI)

KI 1  :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3  :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4  :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.

3.5  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous)

 

3.5.1 Mengidentifikasi fungsi social teks, tentang teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

3.5.2 Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

2.

4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.5.1 Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi social dari teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5.2 Menuliskan teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating sesuai dengan konteks penggunaannya

 

C.  Tujuan pembelajaran

Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:

3.5.1 Mengidentifikasi fungsi social teks, tentang teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

3.5.2 Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan untuk teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5.1 Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi social dari teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5.2 Menuliskan teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya

 

Fokus pengembangan karakter :

Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum dan sesudah pelajaran )

Sikap sosial     : Jujur

                          Disiplin

                          Percaya diri

 

 

 

 

 

 

D.  Materi pembelajaran

Materi pembelajaran reguler

Fungsi Sosial   :  Mendeskripsikan, melaporkan, dan menjelaskan tentang beberapa kejadian Struktur Teks :

Dapat mencakup penggunaan kalimat deklaratif dan interogative dalam present continuous tense, past continuous, dan continuous dengan modal will

Unsur kebahasaan :

(1)   Kalimat deklaratif dan interogative dalam present continuous tense, past continuous, dan continuous dengan modal will.

(2)   Klausa adverbial dengan kata sambung when... , while...

(3)   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik        : Keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

Materi Remedial

Melengkapi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik dan benar

Materi Pengayaan 

Mengidentifikasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik dan benar

 

E.       Metode Pembelajaran:

·         Pendekatan : Scientific Approach

·         Metode       : Cooperative learning TPR (Total Physical Response)

·         Teknik        : Tanya jawab, diskusi, interview

 

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:

1.      Media                          :  WhatsApp, modul, AZ RECORDER

2.      Sumber pembelajaran :

-      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2018. Hal 107-120

 

 

 

 

 

 

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN 1

Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )

1.      Peserta didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap salam (Karakter: Religius).

2.      Peserta didik dan guru greet each other menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.

3.      Guru mengecek kehadiran siswa.

4.      Guru memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara.

5.      Peserta didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu

6.      Peserta didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming ) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai.

7.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses   pembelajaran.

8.      Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Kegiatan Inti 60 menit

 Kegiatan Pembelajaran

Waktu                      

Observation

·        Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri).

·        Peserta didik melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan.

·        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati  informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang ada dalam video tersebut

·        Guru memberi contoh menuliskan informasi teks tersebut dengan benar.

·        Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca guru dalam menulis

·        Peserta didik bergiliran menuliskan informasi teks dengan benar.

·        Guru memperhatikan ejaan dan tanda baca peserta didik ketika membaca.

15 menit

 

 

 

 

Questioning

·        Peserta didik menanyakan mengenai materi informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan.

·           Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan pada materi tersebut berdasar kehidupan sehari-hari.

·           Guru menjelaskan apa yang ditanyakan peserta didik.

·           Memberikan rasional unsur kebahasaan kosa kata  dari teks tersebut

15 menit

Collecting Data

·         Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang

·         Peserta didik berusaha menyebutkan dan memperhatikan contoh yang lain tentang teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT )

15 menit

Associating

·         Peserta didik membedakan, menggunakan dan menuliskan  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian yang telah dipelajari dengan yang ada di sumber lainnya.( literasi )

·         Guru memandu dan mengarahkan peserta didik dalam membedakan  dan menggunakan unsur kebahasaan informasi teks  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris.

·         Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur kebahasaan teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran 

·         Peserta didik memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya.

Communicating

·         Guru meminta siswa untuk  menuliskan informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating berdasar kehidupan sehari-hari

·         Siswa menggunakan dan merespon secara tertulis  informasi teks tersebut dengan bahasa Inggris .

·        Guru meminta siswa untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris dengan menyusun teks tersebut

·        Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyusun teks khusu tersebut.

·         Tugas Proyek : Melengkapi  informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. 

15 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Generalisasi / menarik kesimpulan

·         Siswa dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya dijadikan sebagai konsep dalam memahami   teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating yang dipelajari

Penutup (10 menit)

 

1.         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.

2.        Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

3.        Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan contoh teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang

4.         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

5.        Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

6.        Guru menanyakan kesan siswa terhadap pembelajaran.

 

 

PERTEMUAN 2

Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )

9.      Peserta didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap salam (Karakter: Religius).

10.  Peserta didik dan guru greet each other menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.

11.  Guru mengecek kehadiran siswa.

12.  Guru memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara.

13.  Peserta didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu

14.  Peserta didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming ) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai.

15.  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses   pembelajaran.

16.  Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Kegiatan Inti 60 menit

 Kegiatan Pembelajaran

Waktu                      

Observation

·        Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri).

·        Peserta didik melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan.

·        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati  informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang ada dalam video tersebut

·        Guru memberi contoh menuliskan informasi teks tersebut dengan benar.

·        Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca guru dalam menulis

·        Peserta didik bergiliran menuliskan informasi teks dengan benar.

·        Guru memperhatikan ejaan dan tanda baca peserta didik ketika membaca.

15 menit

 

 

 

 

Questioning

·        Peserta didik menanyakan mengenai materi informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan.

·           Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan pada materi tersebut berdasar kehidupan sehari-hari.

·           Guru menjelaskan apa yang ditanyakan peserta didik.

·           Memberikan rasional unsur kebahasaan kosa kata  dari teks tersebut

15 menit

Collecting Data

·         Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang

·         Peserta didik berusaha menyebutkan dan memperhatikan contoh yang lain tentang teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT )

15 menit

Associating

·         Peserta didik membedakan, menggunakan dan menuliskan  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian yang telah dipelajari dengan yang ada di sumber lainnya.( literasi )

·         Guru memandu dan mengarahkan peserta didik dalam membedakan  dan menggunakan unsur kebahasaan informasi teks  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris.

·         Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur kebahasaan teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran 

·         Peserta didik memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya.

Communicating

·         Guru meminta siswa untuk  menuliskan informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating berdasar kehidupan sehari-hari

·         Siswa menggunakan dan merespon secara tertulis  informasi teks tersebut dengan bahasa Inggris .

·        Guru meminta siswa untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris dengan menyusun teks tersebut

·        Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyusun teks khusu tersebut.

·         Tugas Proyek : Melengkapi  informasi  teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. 

15 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Generalisasi / menarik kesimpulan

·         Siswa dan guru memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya dijadikan sebagai konsep dalam memahami   teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating yang dipelajari

Penutup (10 menit)

 

7.         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.

8.        Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

9.        Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan contoh teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang

10.     Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

11.    Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

12.    Guru menanyakan kesan siswa terhadap pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

H.PENILAIAN

1.    Teknik Penilaian

a.       Sikap

            Observasi ( jurnal )

Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:

·           Perilaku jujur, disiplin, percaya diri , dalam melaksanakan komunikasi

·           Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis teks tulis

·           Kejujuran  siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

 

b.      Pengetahuan

·            Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang

·            Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks

·           Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

·           Tingkat kesesuaian format penulisan / penyampaian

 

Test tulis

c.       Ketrampilan

·            Memaparkan dan merespon secara tertulis teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.


 

2.    Instrumen Penilaian

Choose the correct answer for the following conversation.

a.       Find the expression including Present Continuous Tense.

Rina is cooking a fish

Lina is drawing a flower

Rio is listening music

Alif was buying a candy

Rita is writing a story

Meme was drawing

Alif was making a donut

They were writing a story

Meme was writing

b.      Complete the dialogue with suitable expression.

1.      Dina   :  Lina, Was you sweeping the floor at 08.00 a.m yesterday?
Lina   :  yes,_______

2.      Mother :  What will you doing tomorrow mornig?

Andy    : I will ________ with Ari tomorrow morning.

3.      Beny  : Are you drawing this picture?

Anto   : No,_______

4.      Dody  : Udin, are you playing a game right now?

Udin   : yes,_________

 

5.      Rico           :  I will ______ a story telling contest next month.

    Lelly      : good luck.

 

a)      Be joining

b)      No, I am not playing a game right now

c)      No, I am not drawing this picture

d)      Yes, I was sweeping the floor at 08.00 a,m yesterday

e)      Will be playing a game

 

c. Rio: Happy birthday, Amel.

Amel  : Thank you Rio.

Rio : I have a little present, here is a cake for you. I was making this cake yesterday. I hope you like it.

Amel : Thank you very much. You are really my best friend.

-              Who is Amel?

-              Why does Rio give Amel a present?

-              What is a little present from Rio?

-              Find the sentence show the Past Continuous tense!

Complete the dialogue with suitable expression.

Keanu: Hello Dini! How are you?

Dini  : Hi Keanu, I am fine. Thanks.

Keanu : Are you Joining a story telling competition? I heard you become a winner.

Dini : Yes I’m joining a story telling competition and becoming a winner.

Keanu: Congratulation! You are doing a good job! Oh here is a gift for you. I was buying this doll last night.

Dini: Thanks. You are my best cousin.

1.   Who is Keanu based on the conversation?

2.   What the competition that Dini join?

3.   Did Dini become the winner?

4.   How much sentence show the Present Continuous tense? Write it.

5.   Find the sentence show the Present Continuous tense and Past Continuous tense!

Please complete the conversation based on the box below!

1.      Dina   :  Lina, Was you____________ 09.00 a.m yesterday?
Lina   :  yes, I was riding a car at 09.00 a.m yesterday

2.      Mother :  Will you buying a soap at market tomorrow mornig?

Andy    : Yes, I will ________

3.      Beny  : Is Rina ________ this picture?

Anto   : No, She is not.

4.      Dody  : Udin, are you ____________ right now?

Udin   : yes,I’m playing a game right now.

 

5.      Rico              :  Will you be ______ a story telling contest next month.

       Lelly            : Yes, I will be joining a story telling contest next month.

a)      Be joining

b)      Playing a game

c)      Buying a soap at market tomorrow morning

d)      Drawing

e)      Riding a car

 

3.   Pembelajaran remedial

Pembelajaran remedial dilakukan dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara diberikan tugas untuk melengkapi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik dan benar

 

4.   Pembelajaran Pengayaan

Bagi siswa yang telah mencapai KKM diberikan tugas untuk mengidentifikasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik dan benar berdasar kehidupan sehari-hari.

 

Mengetahui                                                                                         Batu,   September 2021
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Yuni Purwaningsih, M.Pd                                                               Harlina, S.Pd
NIP. 19750627 200501 2 024                                                             NIP. 196811111 200801 2 024

 

 
 

 


 

RUBRIK PENILAIAN

  Lampiran 1  :  Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik

No

Hari/Tanggal

Nama Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.       Aspek Sikap

 

No.

Butir Sikap

Deskripsi

Perolehan Skor

1.

Jujur

5: tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur

4: pernah menunjukkan sikap tidak jujur

3: beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur

2: sering menunjukkan sikap tidak jujur

1: sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur

 

2.

Percaya diri

5: tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri

4: pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri

3: beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri

2: sering menunjukkan sikap tidak percaya diri

1: sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri

 

3.

Disiplin

5: tidak pernah menunjukkan sikap tidak disiplin

4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin

3: beberapa kali menunjukkan sikap tidak disiplin

2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin

1: sangat sering menunjukkan sikap tidak disiplin

 

 


 

Lampiran 2  :  Kisi – Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian

 

Kisi-Kisi Penugasan

 

Nama Sekolah          :  SMP DIPONEGORO BATU

Kelas/Semester         : IX/Semester I

Tahun Pelajaran       : 2020-2021

Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris           

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik Penilaian

4.5

Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Find the correct information from text Present Continuous, Past Continuous, Will+Continuous

Peserta didik diminta menemukan information from text Present Continuous, Past Continuous, Will+Continuous yang tepat dan melengkapi tabel

 

 

Penugasan

 

Pedoman Penskoran Tugas

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1.

Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut

1-5

2.

Menjelaskan secara tepat struktur teks

1-5

3.

Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan

1-5

4.

Keruntutan bahasa

1-5

Skor maksimum

20

 

 


 

Lampiran 3 Penilaian Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)

 

Nama Sekolah          :  SMP DIPONEGORO  BATU

Kelas/Semester         : IX/Semester I

Tahun Pelajaran       : 2020-2021

Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris

 

Penilaian dari Aspek Keterampilan (Skills)

Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)

No

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1

Pengucapan (Pronounciation)

Hampir sempurna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

2

Intonasi (Intonation)

Hampir sempurna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

3

Kelancaran (Fluency)

Lancar

4

Cukup lancar

3

Kurang lancar

2

Tidak lancar

1

 


 

 

Lampiran 4                :  Refleksi Siswa

Hari/Tanggal               :

Kelas                           :          

Materi                          :

 

Pengajar                      :

 

1.      Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja, kurang senang,

tidak senang ) saat pembelajaran

Alasannya  :___________________________________________________

                                                                        ___________________________________________________

                                                                                                                                                ___________________________________________________

 

2.      Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu __________________________________________________

 

3.      Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________

 

4.      Harapan saya untuk pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________

 

 

 

Comments

Post a Comment