RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP DIPONEGORO
BATU
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : IX/1 (SATU)
MATERI
POKOK : Present
Continuous, Past Continuous,
Will+Continuous
ALOKASI
WAKTU : 20x40
Menit (2 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. |
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang
sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous) |
3.5.1 Mengidentifikasi fungsi social teks, tentang teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya 3.5.2 Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
digunakan untuk teks-teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai
dengan konteks penggunaannya |
2. |
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang
akan datang, dengan memperhatikan fungsi |
4.5.1 Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
untuk melaksanakan fungsi social dari teks-teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya 4.5.2
Menuliskan teks-teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan dating sesuai dengan
konteks penggunaannya |
C. Tujuan pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
3.5.1 Mengidentifikasi fungsi social teks, tentang teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang
berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan
konteks penggunaannya
3.5.2 Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan
untuk teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung
pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.5.1 Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
untuk melaksanakan fungsi social dari teks-teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang
berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5.2
Menuliskan teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung
pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks
penggunaannya
Fokus pengembangan karakter :
Sikap spiritual : Religius ( berdoa sebelum
dan sesudah pelajaran )
Sikap sosial : Jujur
Disiplin
Percaya diri
D. Materi
pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
Fungsi
Sosial : Mendeskripsikan, melaporkan, dan
menjelaskan tentang beberapa kejadian Struktur
Teks :
Dapat mencakup
penggunaan kalimat
deklaratif dan interogative dalam present continuous tense, past continuous,
dan continuous dengan modal will
Unsur kebahasaan :
(1) Kalimat deklaratif dan interogative dalam present continuous
tense, past continuous, dan continuous dengan modal will.
(2) Klausa adverbial dengan kata sambung when... , while...
(3) Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb.
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan
tangan
Topik :
Keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian
di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
Materi Remedial
Melengkapi teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik dan benar
Materi Pengayaan
Mengidentifikasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang
berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan baik
dan benar
E.
Metode Pembelajaran:
·
Pendekatan : Scientific
Approach
·
Metode : Cooperative
learning TPR (Total Physical Response)
·
Teknik : Tanya jawab,
diskusi, interview
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : WhatsApp, modul, AZ RECORDER
2. Sumber
pembelajaran :
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa
Inggris, Think Globally Act Locally :
buku guru/ Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,2018. Hal 107-120
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 1
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) |
|
1. Peserta
didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
salam (Karakter: Religius). 2. Peserta
didik dan guru greet each other menggunakan
Bahasa Inggris agar tercipta English
environment. 3. Guru
mengecek kehadiran siswa. 4. Guru
memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 5. Peserta
didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 6. Peserta
didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 7. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. 8. Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan. |
|
Kegiatan
Inti 60 menit |
|
Kegiatan
Pembelajaran |
Waktu |
Observation ·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·
Peserta didik
melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·
Guru mengajak
peserta didik untuk mengamati informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang
yang ada dalam video tersebut ·
Guru memberi contoh menuliskan informasi teks
tersebut dengan benar. ·
Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
guru dalam menulis ·
Peserta didik
bergiliran menuliskan informasi teks dengan benar. ·
Guru memperhatikan ejaan
dan tanda baca peserta didik ketika membaca. |
15 menit |
Questioning ·
Peserta didik menanyakan mengenai
materi informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang
dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·
Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
pada materi tersebut berdasar
kehidupan sehari-hari. ·
Guru menjelaskan
apa yang ditanyakan peserta didik. ·
Memberikan rasional
unsur kebahasaan kosa
kata dari
teks tersebut |
15 menit |
Collecting Data ·
Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi informasi
teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang ·
Peserta didik berusaha menyebutkan dan
memperhatikan contoh yang lain tentang teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) |
15 menit |
Associating ·
Peserta didik membedakan, menggunakan dan menuliskan teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian yang telah dipelajari dengan yang ada di
sumber lainnya.( literasi ) ·
Guru memandu dan
mengarahkan peserta didik dalam membedakan
dan
menggunakan unsur kebahasaan informasi teks teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang dalam bahasa Inggris. ·
Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur
kebahasaan teks tersebut dalam bahasa
Inggris dalam proses pembelajaran ·
Peserta didik
memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. |
|
Communicating ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan
informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan dating berdasar
kehidupan sehari-hari ·
Siswa menggunakan
dan merespon secara tertulis informasi
teks tersebut dengan
bahasa Inggris . ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris dengan menyusun
teks tersebut ·
Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris menyusun
teks khusu tersebut. ·
Tugas Proyek : Melengkapi informasi teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang sesuai
dengan kehidupan sehari-hari. |
15 menit |
Generalisasi / menarik kesimpulan ·
Siswa dan guru
memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya dijadikan
sebagai konsep dalam memahami teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan dating yang dipelajari |
|
Penutup (10 menit) |
|
1.
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya. 2.
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 3.
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan contoh
teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang 4.
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya. 5.
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan. 6.
Guru menanyakan
kesan siswa terhadap pembelajaran. |
PERTEMUAN 2
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) |
|
9. Peserta
didik mempersiapkan diri ditempat duduk masing-masing, berdoa dan mengucap
salam (Karakter: Religius). 10. Peserta
didik dan guru greet each other menggunakan
Bahasa Inggris agar tercipta English
environment. 11. Guru
mengecek kehadiran siswa. 12. Guru
memberikan motivasi berupa kata- kata bijak / kata mutiara. 13. Peserta
didik dan guru mengaitkan materi pembelajaran yang lalu 14. Peserta
didik mendapatkan arahan materi ( brainstorming
) yang mengarah pada kompetensi dasar yang akan dicapai. 15. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. 16. Menjelasan tentang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan. |
|
Kegiatan
Inti 60 menit |
|
Kegiatan
Pembelajaran |
Waktu |
Observation ·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.( percaya diri). ·
Peserta didik
melaksanakan instruksi guru untuk mengamati video yang diberikan. ·
Guru mengajak
peserta didik untuk mengamati informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang
yang ada dalam video tersebut ·
Guru memberi contoh menuliskan informasi teks
tersebut dengan benar. ·
Peserta didik memperhatikan ejaan dan tanda baca
guru dalam menulis ·
Peserta didik
bergiliran menuliskan informasi teks dengan benar. ·
Guru memperhatikan ejaan
dan tanda baca peserta didik ketika membaca. |
15 menit |
Questioning ·
Peserta didik menanyakan mengenai
materi informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang
dalam kaitannya dengan fungsi sosial struktur dan unsur kebahasaan. ·
Peserta didik menanyakan beberapa arti yang di rasa sulit berkaitan
pada materi tersebut berdasar
kehidupan sehari-hari. ·
Guru menjelaskan
apa yang ditanyakan peserta didik. ·
Memberikan rasional
unsur kebahasaan kosa
kata dari
teks tersebut |
15 menit |
Collecting Data ·
Peserta didik memperhatikan dan mengidentifikasi informasi
teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang ·
Peserta didik berusaha menyebutkan dan
memperhatikan contoh yang lain tentang teks tersebut dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.( HOT ) |
15 menit |
Associating ·
Peserta didik membedakan, menggunakan dan menuliskan teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian yang telah dipelajari dengan yang ada di sumber lainnya.( literasi ) ·
Guru memandu dan
mengarahkan peserta didik dalam membedakan
dan
menggunakan unsur kebahasaan informasi teks teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang dalam bahasa Inggris. ·
Peserta didik berusaha membedakan dan menggunkan unsur
kebahasaan teks tersebut dalam bahasa
Inggris dalam proses pembelajaran ·
Peserta didik
memperoleh balikan( feed-back) dari guru dan temannya. |
|
Communicating ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan
informasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan dating berdasar
kehidupan sehari-hari ·
Siswa menggunakan
dan merespon secara tertulis informasi
teks tersebut dengan
bahasa Inggris . ·
Guru meminta siswa
untuk menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris dengan menyusun
teks tersebut ·
Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris menyusun
teks khusu tersebut. ·
Tugas Proyek : Melengkapi informasi teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan datang sesuai
dengan kehidupan sehari-hari. |
15 menit |
Generalisasi / menarik kesimpulan ·
Siswa dan guru
memberikan kesimpulan terhadap semua permasalahan yang nantinya dijadikan
sebagai konsep dalam memahami teks pendek
dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada
saat ini, satu titik waktu
di masa lampau dan di waktu yang
akan dating yang dipelajari |
|
Penutup (10 menit) |
|
7.
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya. 8.
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 9.
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan contoh
teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang 10.
Peserta didik memperhatikan
informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 11.
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan. 12.
Guru menanyakan
kesan siswa terhadap pembelajaran. |
H.PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap
Observasi ( jurnal )
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya
diri , dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks tulis
·
Kejujuran siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
b. Pengetahuan
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penggunaan teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tatabahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
·
Tingkat kesesuaian format
penulisan / penyampaian
Test tulis
c.
Ketrampilan
·
Memaparkan dan merespon secara
tertulis teks pendek dan sederhana tentang
beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang
dekat dengan kehidupan siswa dengan baik dan benar.
2.
Instrumen Penilaian
Choose the correct answer for the
following conversation.
a.
Find the expression including Present Continuous Tense.
Rina is cooking a fish |
Lina is drawing a flower |
Rio is listening music |
Alif was buying a candy |
Rita is writing a story |
Meme was drawing |
Alif was making a donut |
They were writing a story |
Meme was writing |
b.
Complete the dialogue with suitable
expression.
1.
Dina : Lina,
Was you sweeping the floor at 08.00 a.m yesterday?
Lina :
yes,_______
2.
Mother : What will you doing tomorrow mornig?
Andy : I will ________
with Ari tomorrow morning.
3.
Beny
: Are you drawing this picture?
Anto : No,_______
4.
Dody : Udin, are you playing a game right now?
Udin : yes,_________
5.
Rico
: I will ______ a story telling contest next
month.
Lelly : good luck.
a) Be joining b) No, I am not playing a game right now c) No, I am not drawing this picture d) Yes, I was sweeping the floor at 08.00 a,m yesterday e) Will be playing a game |
c.
Rio: Happy birthday, Amel.
Amel :
Thank you Rio.
Rio : I have a
little present, here is a cake for you. I was making this cake yesterday. I
hope you like it.
Amel : Thank
you very much. You are really my best friend.
-
Who is Amel?
-
Why does Rio give Amel a present?
-
What is a little present from Rio?
-
Find the sentence show the Past Continuous tense!
Complete the dialogue with suitable expression.
Keanu: Hello Dini! How are you?
Dini : Hi
Keanu, I am fine. Thanks.
Keanu : Are you
Joining a story telling competition? I heard you become a winner.
Dini : Yes I’m
joining a story telling competition and becoming a winner.
Keanu:
Congratulation! You are doing a good job! Oh here is a gift for you. I was
buying this doll last night.
Dini: Thanks.
You are my best cousin.
1.
Who is Keanu based on the
conversation?
2.
What the competition that Dini join?
3.
Did Dini become the winner?
4.
How much sentence show the Present Continuous tense? Write it.
5.
Find the sentence show the Present Continuous tense and Past Continuous tense!
Please complete the conversation based on the box below!
1.
Dina : Lina,
Was you____________ 09.00 a.m yesterday?
Lina :
yes, I was riding a car at 09.00 a.m yesterday
2.
Mother : Will you buying a soap at market tomorrow
mornig?
Andy : Yes, I will
________
3.
Beny
: Is Rina ________ this picture?
Anto : No, She is not.
4.
Dody : Udin, are you ____________ right now?
Udin : yes,I’m playing a
game right now.
5.
Rico
: Will you be ______ a story telling contest
next month.
Lelly :
Yes, I will be joining a story telling contest next month.
a) Be joining b) Playing a game c) Buying a soap at market tomorrow morning d) Drawing e) Riding a car |
3.
Pembelajaran
remedial
Pembelajaran remedial dilakukan
dalam bentuk pembelajaran ulang dan penugasan bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian dengan cara diberikan tugas
untuk melengkapi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang
berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan
baik dan benar
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Bagi siswa yang telah mencapai KKM
diberikan tugas untuk mengidentifikasi teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang
berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang dengan
baik dan benar berdasar kehidupan sehari-hari.
Mengetahui Batu, September 2021 Yuni
Purwaningsih, M.Pd Harlina, S.Pd
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. 19750627 200501 2 024 NIP.
196811111 200801 2 024
RUBRIK PENILAIAN
Lampiran 1 : Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
No |
Hari/Tanggal |
Nama
Peserta Didik |
Catatan
Perilaku |
Butir
Sikap |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Aspek Sikap
No. |
Butir
Sikap |
Deskripsi |
Perolehan
Skor |
1. |
Jujur |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak jujur 4: pernah menunjukkan sikap tidak
jujur 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak jujur 2: sering menunjukkan sikap tidak
jujur 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak jujur |
|
2. |
Percaya diri |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak percaya diri 4: pernah menunjukkan sikap tidak
percaya diri 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak percaya diri 2: sering menunjukkan sikap tidak
percaya diri 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak percaya diri |
|
3. |
Disiplin |
5: tidak pernah menunjukkan sikap
tidak disiplin 4: pernah menunjukkan sikap tidak disiplin 3: beberapa kali menunjukkan sikap
tidak disiplin 2: sering menunjukkan sikap tidak disiplin 1: sangat sering menunjukkan sikap
tidak disiplin |
|
Lampiran 2 : Kisi
– Kisi Penugasan dan Rubrik Penilaian
Kisi-Kisi
Penugasan
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester :
IX/Semester I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Teknik Penilaian |
4.5 |
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan
datang, dengan memperhatikan fungsi |
Find the correct information from text Present
Continuous, Past Continuous,
Will+Continuous |
Peserta didik
diminta menemukan information from text
Present Continuous, Past Continuous, Will+Continuous
yang tepat dan melengkapi tabel |
Penugasan |
Pedoman Penskoran Tugas
No. |
Aspek yang
dinilai |
Skor |
1. |
Menjelaskan secara rinci fungsi sosial teks tersebut |
1-5 |
2. |
Menjelaskan secara tepat struktur teks |
1-5 |
3. |
Menjelaskan unsur-unsur kebahasaan yang dipergunakan |
1-5 |
4. |
Keruntutan bahasa |
1-5 |
Skor maksimum |
20 |
Lampiran
3 Penilaian
Kompetensi Keterampilan ( Berbicara)
Nama Sekolah : SMP
DIPONEGORO BATU
Kelas/Semester : IX/Semester
I
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Penilaian dari Aspek
Keterampilan (Skills) |
|||
Kemampuan Berbicara
(Speaking Skill) |
|||
No |
Aspek yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1 |
Pengucapan (Pronounciation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
2 |
Intonasi (Intonation) |
Hampir sempurna |
4 |
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
3 |
Kelancaran (Fluency) |
Lancar |
4 |
Cukup lancar |
3 |
||
Kurang lancar |
2 |
||
Tidak lancar |
1 |
Lampiran 4 : Refleksi Siswa
Hari/Tanggal :
Kelas :
Materi :
Pengajar :
1.
Hari ini saya belajar dengan ( Sangat senang, senang, biasa saja,
kurang senang,
tidak senang ) saat
pembelajaran
Alasannya :___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
2.
Saya sangat mengerti materi hari ini yaitu
__________________________________________________
3.
Kesulitan saya pada materi ___________________________________________________
4. Harapan saya untuk
pelajaran mendatang adalah ___________________________________________________
you - were => What were doing?
ReplyDeleteWhat were (you) doing?
Delete